Mari Mengenal Multimadia | Definisi, Jenis-jenis, dan Penerapan multimedia

 Fitur Unggulan dalam Multimedia Halaman all - Kompasiana.com

Ketika mendengar kata multimedia, kita pasti akan membayangkan sesuatu yang hebat, sesuatu yang berkaitan dengan komputer, dengan gambar diam atau gambar bergerak, dengan suara.

Definisi multimedia sendiri adalah konten yang merupakan kombinasi dari teks, suara, gambar, animasi, dan video yang dimanipulasi secara digital. Multimedia ini dapat bersifat interaktif bila pengguna memiliki kontrol dalam elemen multimedia tersebut.

 

Terdapat tiga jenis multimedia, yaitu:

  • Multimedia Interaktif

Pengguna dapat mengontrol apa dan kapan elemen-elemen multimedia akan dikirim atau ditampilkan. Contoh: Game, CD Interaktif, Aplikasi Program, VR.

  • Multimedia Hiperaktif

Yaitu multimedia dengan struktur dimana elemen-elemen saling terkait dan pengguna dapat mengarahkannya. Multimedia jenis ini mempunyai banyak tautan (Link) yang menghubungkan elemen-elemen multimedia yang ada. Contoh: World Wide Web, Website, Mobile Banking, Game Online.

  •  Multimedia Linear

Pengguna hanya menjadi penonton atau menikmati produk multimedia yang disajikan dari awal sampai akhir. Contoh: Movie/Film, e-book, musik, Stasiun TV.

  •  Multimedia Kits

Multimedia ini digunakan sebagai pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan diorganisir oleh topik tunggal. Perangkat yang termasuk dalam multimedia kits yaitu CD-ROM, kaset audio, gambar statis, transparasi overhead, dan lain-lain.

 

Manfaat Multimedia

Multimedia dimanfaatkan dalam bidang bisnis bahkan pendidikan. Berikut manfaat multimedia:

§      - Manfaat multimedia untuk bisnis

Di dalam dunia bisnis, multimedia menjadi sesuatu yang penting untuk mempromosikan, mengelola termasuk dijadikan  multimedia digunakan sebagai profil perusahaan, promosi produk, hingga media informasi serta bermanfaat untuk sistem e-learning.

§      - Manfaat multimedia untuk pendidikan

Dalam dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pembelajaran modern seiring dengan perkembangan jaman dimana koneksi semakin luas dan sumber yang diperoleh tidak hanya didapat dari benda berwujud dengan pembelajaran monoton. Melalui multimedia sistem belajar mengajar pun dapat dilakukan secara otodidak serta dapat membuka wawasan lebih luas.

 

Contoh Penerapan Multimedia

Mungkin tanpa kita sadari, kita sering menemui multimedia dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu ketika kita didalam rumah ataupun diluar rumah. Contohnya yaitu televisi, radio, musik, video, game, animasi, internet, film, entertainment, bahkan media cetak seperti koran, spanduk, umbul-umbul, baliho, poster, brosur, undangan, dan masih banyak lagi.


Semoga Bermanfaat:)

Komentar